Housekeeping berasal dari kata house yang bearti rumah, wisma, hotel,
dan to keep yang bearti merawat atau
memelihara. Jadi housekeeping adalah
bagian atau departemen yang mengatur atau menata peralatan, menjaga kebersihan,
memperbaiki kerusakan, dan memberi dekorasi dengan tujuan agar hotel tampak
rapi, bersih, menarik dan menyenangkan penghuninya. Housekeeping departement adalah bagian dari hotel yang bertanggung
jawab atas kebersihan, kerapihan, dan kenyamanan kamar (guest room), ruangan umum, restauran, bar, outlet lainnya.
Housekeeping departemen, bagi
sebagian besar hotel, merupakan sumber pendapatan hotel yang paling besar.
Karena tamu yang menginap tentu mengeluarkan uang lebih banyak untuk sewa bila
dibandingkan dengan uang yang harus dibayarkannya untuk makan dan minum serta
pengeluaran yang lain. Sebagai sumber pendapatan, housekeeping department harus ditangani oleh tenaga-tenaga trampil
dan professional.
Fungsi housekeeping dalam hotel
sangat penting. Kelancaran penyiapan dan pemeliharaan kebersihan kamar
ditentukan oleh housekeeping oleh
karena itu maka housekeeping
harus di perhatikan dengan baik agar para tamu betah tinggal di hotel.
Tanggung
Jawab bagian housekeeping meliputi area :
- Ruang tamu (guest room)
- Gang ( corridor)
- Restauran dan banquet ( restaurant and banquet hall)
- Ruang kantor ( office )
- Locker karyawan ( employee Locker)
- Toilet karyawan ( Toilet locker )
- Toilet tamu ( guest toilet )
- Taman di dalam dan di luar ruangan (in and out door garden)
- Kolam renang ( swimmingpool), dan
- Halaman parkir ( parking area )
Tugas bagian
Housekeeping adalah sebagai berikut :
- Menciptakan suasana hotel yang bersih, menarik, nyaman, dan aman.
- Memberikan pelayanan di kamar dengan sebaik-baiknya kepada tamu, supaya tamu merasa puas saat berkunjung maupun menginap di hotel.
- Penyiapan, penataan, dan pemeliharaan kamar-kamar.
- Bertanggung jawab atas pemeliharaan kebersihan seluruh outlet dan ruangan umum di hotel.
B. Sasaran
Beberapa sasaran housekeeping adalah
:
1.
Bersih
Kebersihan
di suatu ruangan dan kamar tamu di hotel sangat menentukan. Bila kebersihan
terjaga maka tamu menjadi tenang karena sanitasi dan hygiene terjamin. Inilah
langkah pertama tamu dalam menilai suatu hotel.
2.
Menarik
Dengan dasar
kebersihan pada suatu ruangan dan ditunjang dengan perlengkapan serta dekorasi
yang serasi maka ruangan akan menjadi menarik.
3.
Nyaman
Lingkungan
dan ruangan suatu hotel yang bersih, menarik, dan tenang dengan pelayanan yang
memuaskan akan membuat tamu dan pengunjung merasa nyaman dan betah tinggal atau
berkunjung kembali ke hotel.
4.
Aman
Faktor
penting yang selalu didambakan pengujung atau tamu yaitu keamanan. Keamanan
tamu selama selama berkunjung atau menginap di hotel meliputi keamanan pribadi
dari kecurian, kebakaran, dan bahaya dari peralatan hotel.
Formulir yang Digunakan pada Housekeeping
- Roomboy Control Sheet
- Room Report
- Housekeeping Report
- Lost and Damages Report
- Repair and Maintenant Report
- Linen Inventory Report
- Cleaning and Guest Supplies Report
- Lost and Found Report
- Log Book
- Linen Laundry Delivery Slip
- Room Check List
- Lost and Found Book
- Mini Bar Daily Sales Report
- Mini Bar Daily Late Charge Report
- Mini Bar Bill.
No comments:
Post a Comment